Membuat Itinerary Perjalanan bersama keluarga

2:24:00 AM hanny arianty gultom 0 Comments

Photo by rawpixel.com from Pexels

Ini kedua kalinya saya membuat sebuah itinerary perjalanan ke luar negeri bersama keluarga besar. Pertama kalinya saya pergi ke Hongkong dan membuat itinenari pertama yang saya ceritakan di sini, dan Maret tahun ini saya dan keluarga pergi ke Thailand, Bangkok yang menghabiskan waktu 5 hari 4 malam ini. Dengan pergi bersama 3 orang tua (di atas umur 60 thn), 1 balita dan 1 anak, dan 5 orang dewasa lainnya sangatlah perlu bagi saya membuat rencana sebaik mungkin untuk perjalanan yang menyenangkan yang dapat dirasakan semua pihak.

Berikut adalah hal hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat itinenarinya.

1. Peserta yang ikut
Dengan memprioritaskan keadaan dan kondisi peserta yang ikut, kita harus mempertimbangkan tempat wisata apa yang akan kita kunjungi dan transportasi yang di akan gunakan kala kita di sana. Poin nomor satu ini penting buat saya sekeluarga, karena kami berpergian dengan rentang umur dari balita hingga orang tua, jadi kami memiliki berbagai aspek yang bisa sesuai untuk semuanya.

2. Transportasi
Transportasi adalah hal yang penting untuk juga dipikirkan, karena selain dapat membawa kita ke tempat tempat yang kita tuju, kita harus paham benar dengan segala transportasi yang ada di negara yang akan kita kunjungi. Karena sekali lagi, tidak bisa disamakan berpergian sendiri atau backpacker dengan keluarga besar yang hanya mengharapkan kita si pembuat itinerary untuk paham betul keadaan yang ada di negara tersebut. Karena sangat berbeda transportasi negara satu dengan negara lain, jadi informasi kecil yang sangat membantu bisa dicatat di kolom tambahan itinenary Anda.

3. Memilih tempat pariwisata
Dengan pertimbangan poin nomor satu di atas, saya memutuskan untuk menghindari tempat tempat wisata dengan ketinggian dan juga objek wisata pantai. Dengan membaca banyak rekomendasi dari teman teman blogger, website pariwisata Bangkok, dan juga share dari teman-teman, saya memilih beberapa tempat pariwisata yang sangat berdekatan jarak tempuhnya untuk dihabiskan dalam waktu satu hari.

Cara yang paling mudah, jika tidak ingin ribet ini itu, bisa saja mencontek langsung itinerary teman - teman blogger atau website wisata yang sudah banyak disharingkan di dunia maya. Tapi kalau mau puas, alangkah baiknya jika kita membuat sendiri itinenari kita dengan mencocokkan prioritas kita, budget kita dan juga lebih penting jarak tempuh masing masing objek wisata dari tempat peristirahatan kita.

4. Makan dan minum
Tentunya waktu Anda makan dan minum juga harus dimasukkan ke jadwal itinenary. Terlebih jika Anda tidak membawa bekal untuk seharian menghabiskan waktu di tempat objek wisata. Saya harus meresearch tersedianya tempat makan yang terdekat di antara objek wisata dengan tentunya memperkiraan budget makan untuk satu menu makanan dan minuman. Dan untuk teman teman yang mencari makanan halal di negara lain yang mungkin sangat jarang ada, harus tahu mencari rekomendasi makanan halal atau mempersiapkan bekal dari hotel.

5. Tempat tinggal 
Biasanya lebih murah memilih hostel untuk tempat tinggal dengan peserta yang banyak, karena akan lebih hemat perhitungannya. Dan untuk memilih tempat tinggal, kita harus teliti memilih rekomendasi dari website penyedia jasa tempat tinggal. Membaca kolom komentar juga sangat berguna karena sekali lagi kita bisa mendapatkan informasi tambahan yang mungkin tidak disediakan di informasi profile hotel/hostel yang kita pilih. Jangan lupa untuk melihatnya langsung di google satelite jika tempat tersebut terdaftar di google. Kita bisa memperkirakan keadaan tempat di sana sebelum kita sampai, misalkan seberapa jauh dari jalan utama dan berapa luas jalannya jika berada di pinggiran kota. Ini sangat penting untuk memperkirakan jarak tempuh setiap berpergian jika memang harus berjalan kaki sebelum ke jalan utama ataupun jika lebih memilih transportasi Uber apakah bisa dilewati mobil atau tidak.

Menurut saya 5 hal di atas adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam pembuatan itinenari dan di postingan berikutnya saya akan memberikan contoh itinenary yang saya buat untuk perjalanan saya ke Bangkok selama 5 hari 4 malam. Juga menjelaskan bagaimana aplikasinya di sana. Terima kasih teman teman, semoga dapat membantu.


You Might Also Like

0 comments: