Liburan Murah di Ragunan

5:04:00 PM hanny arianty gultom 2 Comments


HALLO 2016!

"More Travel and Vacation with family" adalah salah satu list di resolusi saya tahun 2106 ini.
Kemarin bertepatan dengan ulang tahun MJ yang ke 1.5 tahun saya dan sekeluarga pergi ke Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu. Saya memilih kebun binatang karena memang tujuanya adalah untuk memperkenalkan MJ dengan binatang-binatang lain selain kucing, anjing, burung, tikus, cicak, kecoa, semut yang biasa dia liat di rumah. MJ sangat tertarik dengan binatang dan dia tidak takut dengan binatang yang bahkan baru dia liat. 

Awalnya memang rencananya saya sekeluarga akan pergi ke Taman Safari Indonesia (TSI), Bogor. Namun apa daya karena adanya misskom dalam hal budgeting pergilah kami ke Taman Margasatwa Ragunan. Hmm. Salah satu lagi resolusi saya di tahun 2016 ini, Financial Budgeting. (snap!). :P

OK, bahagia itu emang sederhana dan tidak mahal. Dengan Rp.4.000,- per orang kami sudah bisa masuk menikmati luasnya 30 hektar tanah di Ragunan dan serunya lagi untuk anak 3 tahun ke bawah tidak perlu membayar untuk tiket masuk. Dengan harga masuk yang sangat murah, memang yang ditawarkan di sana sangat minim. Dalam setiap komplek binatang, binatang yang ada hanya sedikit dan kebanyakan dari mereka banyak yang bersembunyi (Jangan-jangan mereka masuk kantor, canda kami).  Berbeda dengan TSI yang di mana pengunjung di "kurung" dalam mobil, di Ragunan, binatang-binatanglah yang di kurung dalam kandang mereka. Jadi, mereka tidak bisa bebas seperti teman-teman mereka di TSI yang diciptakan seperti habitat asli mereka. Namun, kebahagiaan yang kami rasakan kemarin adalah saat melihat MJ senang melihat binatang-bintang tersebut dan saat kami harus berjalan hampir 5 km x 2 bolak balik sambil bercerita dan bercanda gurau. Dua keadaan di manapun kita berada is worth priceless.
Selain murah, kami juga memilih Ragunan karena letaknya yang tidak jauh dari rumah. Perjalanan sehari yang tidak melelahkan buat MJ dan sepupunya. Karena kami sengaja memilih weekdays, perjalanan kami melalui tol kurang lebih membutuhkan waktu satu jam saja. Berangkat pukul 10.30 dan sampai di rumah pukul 16.00 wib. Dalam waktu 3 jam kami sudah puas mengunjungi beberapa komplek binatang dan yang tidak ketinggalan tempat yang wajib didatangi yaitu Schmutzer Primate Center dengan tiket masuk Rp.6.000 per orang dan gratis untuk anak umur 3 tahun ke bawah.
Sebelum berangkat ke Ragunan, mungkin ada beberapa TIPS dari pengalaman saya kemarin yang bisa dipertimbangkan.
1. Gunakan alas kaki senyaman mungkin, karena memang hampir sebagian besar cara untuk mengelilingi kebun binatang adalah dengan berjalan kaki.
2. Bawalah botol minum sendiri dari rumah. Selain kita memang membutuhkan banyak minum, saat masuk ke Pusat Primata Schmutzer kita tidak diperbolehkan membawa botol minum plastik masuk ke sana. Di sana akan disediakan water fountain jika kita membawa botol minum sendiri seperti tupperware.
3. Untuk orang tua dipastikan agar stamina kakinya kuat. Jangan sampai mereka sakit dan kelelahan berjalan kaki.
4. Jika memang ingin lebih hemat, bawalah makan siang dan tikar dari rumah.     Karena memang di sana tempatnya sangat rindang dan banyak lahan untuk beristirahat bersama keluarga. Jika memang lupa membawa tikar, mereka akan menyewakan tikar dengan harga Rp.10.000,-.
5. Sebaiknya untuk yang kulit sensitif menggunakan lotion anti nyamuk atau membawa minyak kayu putih, karena untuk beberapa tempat banyak nyamuk yang bersarang di sana.

Semoga bermanfaat and see you in the next soon post, hopefully! :D

You Might Also Like

2 comments:

  1. aaaahhh jadi pengen kesana. makasih han tipsnya!
    lagi prospekin bapak sama emak gue nih wekekekekekek~~~

    ReplyDelete