Looking for Passion?

4:37:00 PM hanny arianty gultom 0 Comments

pic by @austinchan

Apa itu passion? Di dalam terjemahan kamus Bahasa Indonesia, Passion adalah gairah , sesuatu yang ada di dalam hati yang rasanya seperti menggebu-gebu, yang membuat orang semangat, dan punya daya juang yang tinggi. Seletih apapun seseorang jika mengerjakan sesuatu dengan hasratnya mereka jarang sekali mengeluh dan selalu cari cara atau solusi terhadap kesulitan kesulitan yang dihadapi.

Bagaimana mendapatkannya? Kapan hasrat itu datang? Bagaimana saya tahu? Seperti apakah rasanya?

Bekerja dengan passion kita adalah mimpi semua orang, apalagi saat mereka menemukannya di usia muda, ya mereka dapat "merasakannya" dan hampir 99% dari mereka tahu, itulah yang mereka ingin lakukan sampai mereka tua.

Ya itulah passion, mereka tidak bisa di cari, namun dirasakan.

Rasanya saat kamu tahu kalau kamu mengingini sesuatu dan kamu mau fight 100% untuk itu, tidak takut jatuh, tidak takut gagal dan tidak takut apa kata orang. Even kalau kamu gagal, kamu akan bangkit lagi,lagi dan lagi dan disitulah passion itu muncul, bekerja dengan hasrat.

Dia selalu singgap di hati sanubari, bagaimana kita mampu peka untuk merasakannya, peduli dan memanfaatkannya. Dia akan selalu berbisik, tiap hari, bahkan tiap tahunnya kepada kamu. Seperti Api yang membara, yang tidak pernah mati. Tergantung kamu mau mendengarnya atau tidak.

Passion tidak semerta dikaitkan dengan pekerjaan, namun jika kamu bekerja sesuai dengan passion kamu, kamu adalah orang yang sangat beruntung!. Namun, jika kamu tetap bisa 'bahagia' dengan pekerjaan kamu sekarang, tulus ikhlas bekerja tanpa beban, termotivasi untuk membahagiakan orang terkasih, buat saya itu tidak masalah. Passion itu luas, passion itu adalah sesuatu yang menyeimbangkan hidup kamu .Tidak perlu seperti Steve Jobs yang bekerja dengan passion dan menjadi orang yang sangat sukses. Kamu bisa jadi diri kamu sendiri yang mungkin mendapatkan pasion kamu di luar pekerjaan, seperti bermain musi, melayani di komunitas, mengajar anak-anak, membuat kerajianan tangan atau apapun itu yang bisa membuat kamu bahagia.

Dulu waktu awal awal kuliah, saya mencari passion saya lewat buku, menonton video motivasi, dan bertanya ke teman-teman apa kelebihan saya. Kebingungan dan keraguanpun muncul, apakah benar pillihan jurusan saya?, apakah saya yakin saya akan bekerja di dunia pendidikan sampai saya tua nanti? apakah saya akan sukses nantinya? Ya begitulah jiwa muda saya, terlalu banyak yang dipikirkan, tidak santai. Namun bertahun tahun kemudian, seiring berjalannya waktu, dan tanpa saya sadari saya sebenarnya mendengarkan apa yang hasrat saya inginkan, melihat prosesnya, akhirnya saya dapat merasakan dan menemukan passion saya sendiri.

Jadi, untuk kamu kamu yang sedang dalam proses "pencarian" passion, sebenarnya jawaban itu ada di dalam diri kamu, yang harus kamu lakukan adalah menggali lebih dalam lagi ke dalam sanubari, merasakan, mendengarkan, buang semua pendapat orang lain mengenai kamu, kenalilah diri kamu,. Jika masih bingung, kamu bisa juga membuat sebuah cerita tentang sesuatu yang membuat kamu bahagia, karena pastinya akan mengalir sendiri dan tarik berbagai macam kesimpulan yang bisa diambil. Masih tidak menemukannya? Tidak apa-apa, perlu proses untuk sebagian orang untuk mulai menyadarinya. 

Semoga bermanfaat! :)

*Mau tahu commentnya kalian juga ya, Trims.




You Might Also Like

0 comments: