10 FAKTA MENYUSUI

5:57:00 PM hanny arianty gultom 2 Comments

Dibuang sayang. Sebenarnya ini adalah postingan yang udah lama banget ada di draft blog saya, karena belum sampai 10 fakta ya sayang bgt kalo gak dilanjutin. Ini adalah fakta-fakta dari pengalaman saya dan observasi langsung di lapangan mengenai ibu menyusui. Semoga bisa membantu ibu-ibu baru yang sedang dalam proses ini dan jika ada yang mau menambahkan boleh tinggalkan komentarnya yah. 
  1. Untuk ibu dengan pengalaman anak pertama yang ingin memberikan asi eksklusif kepada bayi mereka, program laktasi yang diadakan di beberapa rumah sakit sangat penting manfaatnya, tidak hanya kita bisa dari awal melek ilmu pengetahuan tentang menyusui,tetapi memiliki teman-teman seperjuangan di program tersebut sangat menumbuhkan semangat juang (bagi beberapa ibu, menyusui adalah perjuangan di medan peperangan).
  2. Membaca  beberapa artikel tentang menyusui, mengikuti akun tentang ibu dan bayi dan gabung di grup jejaring sosial sangat membantu ibu untuk meningkatkan pengetahuan dan rasa percaya diri karena sudah memiliki pemahaman tentang seluk beluk menyusui.
  3. Membandingkan diri anda dengan ibu lain,atau lebih buruk mendengarkan suara sumbang dari sekeliling anda sendiri akan menimbulkan stress. Sensitivitas tinggi yg dihasilkan oleh ibu yg baru melahirkan  menyebabkan produksi asi terhambat.
  4. Ukuran payudara, puting dan ukuran tubuh tidak serta merta menjamin banyak sedikitnya produksi asi ibu.
  5. Semakin sering asi anda di butuhkan bayi, asi terpaksa menghasilkan lebih lagi. Ibu dapat menyusui bayi dua jam sekali atau jika tidak memompa/ memerasnya.
  6. Kebanyakan ibu di era lalu bahkan tidak mengetahui manfaat penting yg diberikan asi terhadap bayi mereka, yg mereka tahu hanya praktis dan ekonomis. 
  7. Minum air yg banyak,makan sayur bening dua mangkok sehari,minum susu,minum vitamin menyusui membantu menghasilkan produksi asi.
  8. Pikiran positif, perasaan bahagia, dan makan yg banyak dilansir alasan utama produksi asi melimpah, namun maksud dari pikiran positif itu sendiri adalah sabar dalam menjalani proses menyusui.
  9. Menyusui adalah aktivitas yang melelahkan pada awalnya namun setelahnya merupakan aktifitas yg addictive, ada sesuatu yg dirindukan ibu, jika bayinya tidur terlalu pulas.
  10. Kekuatan pikiran berperan sangat besar untuk ibu menyusui, setiap pikiran yg ibu pikirkan berulang-ulang akan secara ajaib terjadi, baik itu pikiran positif dan negatif.
Aktivitas menyenangkan bersama anakku, MJ. 


Lullaby... uploaded to ig: mshunz cc: Henry 'Jentidz' Siagian Meta Gultom Siska Daulika Gultom
Posted by Hanny Gultom on Sunday, July 27, 2014

You Might Also Like

2 comments:

  1. Iya asi itu tergantung permintaan
    Baca cerita sebelumnya, bahagia rasanya melihat kelucuan MJ sekarang ya ^^
    Sehat2 ya...dan terus sampe s3 semangatttt

    ReplyDelete
  2. Iya, makasih yah udah berkunjung.. aminn,, semangat!!

    ReplyDelete